News

Majalengka, sebuah kabupaten yang terletak di bagian timur Jawa Barat ini ternyata punya potensi wisata yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Wilayah Majalengka yang memiliki perpaduan dataran rendah di bagian utara dan wilayah perbukitan di bagian tengahnya ini membuat kota dengan julukan kota angin ini punya banyak destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi.

  1. Telaga Herang
    Warga yang tinggal di wilayah Majalengka, Cirebon, Indramayu, dan Kuningan tentunya sudah tidak asing dengan tempat wisata di Majalengka yang satu ini. Telaga Herang merupakan danau wisata berair jernih yang dihuni beragam jenis ikan dengan corak menawan. Saking jernihnya, ikan-ikan yang hidup di dalam danau akan tampak begitu jelas oleh mata telanjang. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan menangkap ikan di Telaga Herang. Pengunjung yang nekat menangkap ikan-ikan di Telaga Herang akan dikenakan denda dengan jumlah nominal yang lumayan besar.
  1. Wisata Paralayang Gunung Panten
    Selain di Cililin Bogor, wisata paralayang dengan pemandangan pegunungan dapat Anda temukan di Majalengka, tepatnya di kawasan wisata paralayang Gunung Panten, Kelurahan Munjul. Di tempat wisata di Majalengka ini, Anda dapat menikmati teduhnya pemandangan Gunung Ciremai, hamparan kawasan persawahan yang hijau, serta lanskap Majalengka dari ketinggian 300 mdpl. Paralayang bukan satu-satunya wahana menarik yang bisa Anda temukan di sini. Anda juga dapat mencoba wahana gantole yang sudah disiapkan pengelola, tentunya dengan harga paket wisata yang bervariasi.
  2. Curug Cipeuteuy
    Curug Cipeuteuy merupakan salah satu tempat wisata di Majalengka yang paling populer di media sosial. Nama “cipeuteuy” konon berasal dari sejarah kawasan sekitar curug yang dulunya dikelilingi pohon petai raksasa. Objek wisata yang juga merupakan kawasan hutan konservasi ini berlokasi di Bumi Perkemahan Desa Bantaragung, atau sekitar 24 km dari arah timur pusat kota Majalengka. Di kawasan wisata ini, Anda tidak hanya dapat menikmati segarnya percikan air dari curug, tapi juga dapat langsung menyaksikan indahnya bunga anggrek yang dibudidayakan di dalam hutan lindung. Tak hanya itu, kawasan konservasi Curug Cipeuteuy pun merupakan rumah bagi elang jawa serta beragam jenis flora dan fauna lainnya. Mengingat statusnya sebagai kawasan koservasi, para pengunjung diharapkan agar dapat menjaga kebersihan area wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Fasilitas pendukung yang dimiliki objek wisata yang satu ini pun cukup lengkap, yakni terdiri dari kamar mandi, lahan parkir, gazebo, warung, saung, area hiking, dan masih banyak lagi.
  3. Wana Wisata Cadas Gantung
    Wanawisata Cadas Gantung berlokasi di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding. Destinasi wisata puncak bukit ini memang tidak mudah untuk dijangkau. Untuk dapat menikmati panorama kota dari ketinggian 700 mdpl, para wisatawan harus menaklukkan jalanan terjal dan berbahaya. Tak perlu khawatir, pemandangan indah dari Cadas Gantung memang sangat patut diperjuangkan, terlebih jika Anda menyambanginya saat matahari terbit atau pun tenggelam. Kawasan Wana Wisata Cadas Gantung ternyata tidak hanya asyik untuk aktivitas pendakian, lo. Di tempat wisata di Majalengka ini Anda pun dapat berkemah bersama teman ataupun keluarga untuk dapat menikmati eloknya pemandangan alam Majalengka dengan lebih puas.

 

Sumber: google.com

Please follow and like us: